Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Perkembangan Teknologi Kesehatan di Tahun ini

 

teknologi kesehatan, laboratorium kesehatan
Source : pixabay.com

Melihat Perkembangan Teknologi Kesehatan di Tahun ini
- Teknologi kesehatan terus berkembang. Selain aplikasi kesehatan, berbagai teknologi di bidang kesehatan juga lahir untuk memudahkan pasien. Pernah dengar istilah revolusi industri 4.0?. Ini adalah periode perkembangan baru di mana beberapa teknologi, seperti teknologi digital, fisik, dan biologis.

Pasien juga lebih mudah mendapatkan informasi kesehatan melalui media sosial populer. Salah satu fokus pengembangan Teknologi Kesehatan ke depan akan diarahkan untuk memudahkan akses pasien terhadap pelayanan kesehatan. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan memungkinkan mesin menjalankan berbagai fungsi layaknya manusia.

Di bidang kesehatan, AI bisa berupa chatbot atau asisten virtual yang berfungsi sebagai administrator atau layanan pelanggan. AI juga bisa menjadi mesin untuk mendiagnosis penyakit atau pemeriksaan tertentu. Padahal, saat ini sedang di kembangkan robot untuk membantu dokter dalam melakukan operasi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Wearable atau Perangkat yang Dikenakan di Tubuh

Perkembangan teknologi kesehatan menuntut pengolahan data agar dapat memberikan saran atau masukan yang akurat kepada penggunanya. Anda mungkin sudah akrab dengan perangkat yang dapat di kenakan, seperti gelang pintar. Fungsi utama gelang ini adalah untuk mengukur frekuensi dan target berbagai jenis aktivitas fisik, menilai pola tidur, dan mengukur detak jantung. Dengan ini, Anda bisa mendapatkan pengingat saat gaya hidup Anda kurang baik.

Alat Kesehatan Berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Munculnya teknologi perawatan kesehatan berbasis AR dan VR mengubah cara pasien di rawat dan di rawat. Untuk anak autis, misalnya, teknologi ini membantu mereka belajar menjelajahi dunia. Untuk orang yang penyakit Alzheimer dan Demensia. Teknologi AR dan VR dapat membantu mengembalikan ingatan dan kesenangan. Dengan membawa mereka kembali ke waktu, suara, pengalaman, dan peristiwa penting di masa lalu.

Bagaimana Perkembangan Teknologi Kesehatan di Tahun ini?

Dalam bidang pendidikan kedokteran itu sendiri, teknologi ini membantu para dokter mengasah keterampilannya. Misalnya, untuk mempersiapkan dan mensimulasikan operasi yang kompleks, tanpa harus di praktikkan pada manusia. Jika Anda harus berganti dokter atau di rujuk ke spesialis, Anda tahu betapa rumitnya mentransfer riwayat medis yang ada. Namun, dengan teknologi blockchain, proses ini dapat di otomatiskan.

Dokter juga bisa melihat riwayat kesehatan pasien secara lengkap sehingga Anda bisa segera mendapatkan perawatan dan pengobatan yang di perlukan. Memang, kemajuan teknologi kesehatan memiliki tujuan utama untuk memperpendek proses perawatan kesehatan yang kompleks dan memakan waktu. Namun, implementasinya tidak sesederhana itu.

Meski tidak sering, ada saatnya kasus-kasus dimana kemajuan teknologi ini berbenturan dengan masalah etika kedokteran. Bisa jadi karena berbagai pemangku kepentingan yang terlibat belum siap dengan pesatnya perkembangan yang ada. Seperti di Indonesia, pemerintah justru mendukung layanan kesehatan digital. Namun, hal itu tidak dibarengi dengan kecepatan dalam mengeluarkan regulasi atau kebijakan terkait.

Selain keamanan, kepemilikan data, aspek privasi, pembagian data, dan perizinan, perlu di pikirkan upaya perlindungan konsumen. Karena adanya teknologi dalam kesehatan yang berbasis digital ini bersifat terbuka. Para pembuat kebijakan sangat perlu bertindak cepat untuk mengantisipasi hal tersebut.

Perkembangan teknologi kesehatan ternyata berdampak signifikan terhadap akses pelayanan kesehatan. Namun, semua ini harus di imbangi dengan kebijakan dan aturan praktis yang tepat untuk melindungi penyedia layanan kesehatan dan pasien. Sekian ulasan tentang Teknologi Kesehatan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Melihat Perkembangan Teknologi Kesehatan di Tahun ini"

Berlangganan via Email