Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tetap Fit Selama Pandemi dengan Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup
Source : Pixabay.com

Selama masa pandemi, semua orang dipaksa untuk selalu berada di rumah dan menjauhi kerumunan supaya dapat memutus tali penyebaran virus Corona. Untuk itulah kita perlu menjalani pola hidup yang sehat yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk melindungi diri kita serta keluarga dari berbagai penyakit.

Walaupun sebagian besar orang sadar akan manfaat menjalani gaya hidup sehat, tetapi sebagian besar juga kurang peduli terhadap hal tersebut. Padahal hidup sehat mempunyai peran yang sangat penting supaya dapat menjaga kesehatan terutama pada masa pandemi ini. Menjaga gaya hidup sehat juga menjadi salah satu kunci mempunyai umur yang panjang.

Sebenarnya supaya dapat mewujudkan gaya hidup sehat tidaklah sulit untuk dilakukan bahkan sangat mudah walaupun hanya berada di rumah sekalipun. Nah apabila kalian mau memulainya, ikutilah cara hidup sehat walaupun berada di rumah berikut ini.

1. Tidur yang cukup

Pada umumnya sebagian besar orang dewasa membutuhkan waktu tidur di malam hari sekitar 7 sampai 9 jam, walaupun setiap orang mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda. dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup maka suasana hati bisa menjadi lebih baik, dapat mempertajam memori dan fokus, serta dapat membantu seseorang mempelajari hal-hal baru.

Bahkan dalam jangka panjang cara ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan. Kamu akan benar-benar mendapatkan manfaatnya apabila tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

2. Minum air putih yang cukup

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan air putih setiap harinya sekitar 8 atau 2 liter supaya tetap terhidrasi dengan baik. Kamu juga bisa menambahkan irisan lemon, timun atau jeruk supaya membuat air menjadi lebih segar atau yang biasa dikenal juga infused water.

            Baca juga : Apa itu Infused water?

Selama di rumah juga sebaiknya kamu menghindari minuman ringan dengan kandungan gula yang berlebihan serta minuman berenergi mana termasuk sumber utama kalori yang tidak bernutrisi dan bisa menyebabkan obesitas. Selain itu minuman jenis itu dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Kamu juga harus menghindari alkohol sebab bisa memberi efek negatif pada tubuh.

3. Memilih makanan yang baik

Selama kita di rumah usahakan jangan terlalu banyak makan makanan ringan dan mengandung banyak gula. Jika kita dapat mengatur pola makan yang baik dan seimbang, hal tersebut akan membantu tubuh menyediakan energi serta mampu menurunkan risiko dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, hipertensi, dan kanker. Dengan demikian kita juga bisa mempertahankan berat badan ideal. Ketika makan juga pasti kan di dalam piring kamu terdapat cukup protein yang berasal dari hewani dan nabati, serat, karbohidrat dan lemak yang baik. Perbanyak juga mengkonsumsi buah, sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

4. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah seperti mengelola sampah dengan benar merupakan langkah baik yang dilakukan dalam upaya menjalani gaya hidup yang sehat. Dengan lingkungan yang bersih dapat mengurangi berbagai resiko gangguan kesehatan seperti mencegah perkembangan sumber penyakit yang berada di sekitar lingkungan.

5. Sempatkan berolahraga

Selama berada di rumah, kita tidak boleh lupa untuk berolahraga. Sempatkanlah untuk berolahraga ringan karena bagus untuk tubuh dan pikiran. Lakukanlah kegiatan yang kamu sukai seperti bersepeda, senam, yoga dan lain sebagainya.

Demikianlah gaya hidup di rumah yang baik untuk kesehatan yang mudah dilakukan. Semoga bermanfaat!


Posting Komentar untuk "Tetap Fit Selama Pandemi dengan Gaya Hidup Sehat"

Berlangganan via Email